Hubungi Kami

Selangkah Lagi ...

Silahkan isi form berikut untuk memiliki Landing Page PROFESIONAL dengan paket PREMIUM.
Kerahasiaan data Anda terjaga
Hubungi Kami

Selangkah Lagi ...

Silahkan isi form berikut untuk memiliki Landing Page PROFESIONAL dengan paket STANDARD.
Kerahasiaan data Anda terjaga
Hubungi Kami

Selangkah Lagi ...

Silahkan isi form berikut untuk memiliki Landing Page PROFESIONAL dengan paket BASIC.
Kerahasiaan data Anda terjaga
Hubungi Kami

Selangkah Lagi ...

Jangan sungkan untuk berbincang dengan kami. GRATIS!
Pelayanan terbaik adalah salah satu ikhtiar kami.
Kerahasiaan data Anda terjaga
Hubungi Kami

Selangkah Lagi ...

Silahkan isi form berikut untuk memiliki Landing Page PROFESIONAL.
Kerahasiaan data Anda terjaga

Apa Itu WordPress? Kenali Fungsi, Kelemahan, dan Kelebihannya

Tahukah kamu WordPress bahwa platform yang paling banyak digunakan untuk membuat situs web di seluruh dunia? Selain mudah digunakan, WordPress juga punya banyak fitur dan pilihan tema yang bikin kita bisa bikin situs web sesuai keinginan.

Apa itu WordPress? WordPress adalah salah satu platform yang digunakan untuk membuat website secara gratis, dan bersifat open-source. WordPress merupakan salah satu alat yang paling powerfull dan mudah digunakan untuk membuat website.

Tidak heran jika saat ini WordPress menjadi salah satu platform yang paling populer dalam pembuatan website. Menurut situs W3Techs, 43% website yang beredar di internet saat ini menggunakan WordPress.

1. Apa Itu WordPress?

Apa Itu WordPress Kenali Fungsi, Kelemahan, dan Kelebihannya

Jawaban mudahnya, WordPress adalah cara terbaik untuk membuat website. Mungkin terdengar subjektif, namun kemungkinan besar para pengembang website setuju akan hal ini.

Sedangkan jawaban teknisnya, WordPress adalah sebuah Content Management System (CMS) yang ditulis dengan bahasa PHP menggunakan database MySQL. CMS itu sendiri adalah software yang memungkinkan penggunanya untuk membuat, mengelola, dan memodifikasi konten di dalam website tanpa memerlukan skill koding tertentu.

WordPress memiliki tampilan antarmuka yang user-friendly dan intuitif. Misalnya untuk keperluan blogging. Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan microsoft word kemungkinan besar tidak akan asing saat masuk ke halaman editor WP. Setelah membuat tulisan tinggal publish tanpa harus ribet.

2. Apa Itu Fungsi dari WordPress?

Fungsi WordPress

Pada awalnya salah satu fungsi utama WordPress adalah untuk keperluan blogging atau membuat tulisan. Namun saat ini WordPress mengalami perkembangan yang pesat. Berkat ekosistem plugin dan template yang masif memungkinkan kita dapat membuat beragam jenis website dengan menggunakan WordPress.

Selain bisa digunakan untuk keperluan blogging, WordPress juga bisa digunakan untuk membuat website yang cukup kompleks seperti e-Commerce. Dengan menggunakan WordPress Anda bisa membuat:

2.1 Blog

Dengan blog Anda bisa mengungkapkan isi pemikiran, pengalaman, tutorial, photo, review, resep masakan, dan masih banyak lagi. Sebuah blog biasanya menampilkan tulisan terbaru di halaman depannya.

2.2 Website E-Commerce

Website e-commerce memungkinkan Anda untuk menjual barang ataupun jasa secara online dengan sistem pembayaran yang bisa dilakukan secara online juga. Untuk membuat e-commerce dengan WordPress Anda perlu mendownload beberapa plugin yang mendukung fungsi tersebut.

2.3 Website Untuk Bisnis

Saat ini banyak bisnis yang didukung oleh sistem online. Adanya website memungkinkan perusahaan Anda dikenali oleh banyak orang. Memudahkan konsumen untuk mengenali bisnis yang Anda jalankan.

Website Membership

Website dengan sistem membership memungkinkan pemiliknya untuk mengatur keanggotaan. Ciri khas website ini adalah adanya fasilitas login untuk setiap anggotanya.

2.4 E-Learning

Dari website e-learning siswa dapat mengikuti kelas, melihat progress pembelajaran, download materi pembelajaran, dan masih banyak lagi. Plugin yang mendukung pembuatan e-learning biasanya disebut Learning Management System (LMS).

3. Apa Saja Jenis WordPress?

Wordpress ada dua jenis, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Keduanya terlihat mirip, hanya berbeda ekstensi saja yang satu berujung .com dan yang lainnya .org. Namun sebenarnya perbedaannya lebih dari itu.

Anda perlu mengetahui kedua jenis WordPress ini karena memiliki cara kerja yang berbeda. Berikut perbedaan WordPress.com dan WordPress.org:

3.1 WordPress.com

WordPress.com adalah jenis WordPress yang sudah didukung hosting secara gratis. Cukup dengan membuat akun WordPress.com, Anda sudah bisa membuat blog atau website, dengan beberapa catatan:
Secara default-nya website Anda akan memiliki domain yang diakhiri dengan kata “WordPress”, misalnya contohweb.wordpress.com.

Terdapat pilihan untuk upgrade akun yang memungkinkan Anda melakukan custom domain, menambah kapasitas penyimpanan (hosting), memasang plugin atau template, dan masih banyak lagi.
WordPress.com dimiliki oleh Automattic, yaitu sebuah perusahaan yang pertama kali membuat platform WordPress, Matt Mullenweg.

3.2 WordPress.org

Anda bisa mendownload software WordPress secara gratis di wordpress.org yang bisa diinstall di hosting Anda dengan domain yang bisa dicustom.

Software WordPress bersifat open-source sehingga Anda bisa mendownload dan menggunakannya secara gratis.

Untuk bisa menjalankan WordPress dari wordpress.org, Anda memerlukan domain dan hosting dari pihak ketiga, misalnya niagahoster.

Saat ini banyak penyedia layanan hosting yang menawarkan “quick install” yang memudahkan Anda untuk menginstall WordPress tanpa harus melakukan install manual.

WordPress.org adalah layanan non-profit dari Automattic.

4. Apa Kelebihan WordPress?

Saat ini WordPress menjadi salah satu CMS yang paling banyak digunakan. Hal tersebut tidak mengherankan karena banyak kelebihan yang dimilikinya, seperti:

Simpel. WordPress memungkinkan Anda untuk mempublish dan membuat website dengan cepat. Sekalipun pemula, Anda bisa membuat website dengan mudah menggunakan WordPress.
Gratis. Software WordPress dapat Anda download di WordPress.org secara gratis. Hanya saja Anda harus menyediakan dana untuk membeli domain dan hosting untuk menjalankan website secara online.
Fleksibel. Dengan WordPress Anda bisa membuat beragam jenis website sesuai dengan keperluan, mulai dari blog, toko online, hingga website berita.
Mudah digunakan. Sekalipun masih pemula Anda bisa membuat website secara profesional. Untuk membuat tulisan Anda bisa menggunakan editor WordPress yang secara fungsi mirip dengan Microsoft Word.
Software open-source. WordPress adalah salah satu software open-source dengan lisensi General Public Lisence (GPL). Artinya, software tersebut tidak dimiliki sebuah perusahaan atau entitas tertentu. Para developer dan pengguna WordPress yang saling berkolaborasi untuk membuat WordPress lebih baik lagi. Hal inilah yang membuatnya cepat berkembang dan disukai banyak orang.
Tidak memerlukan skill koding. WordPress tidak menuntut penggunanya menguasai bahasa pemrograman tertentu untuk membangun sebuah website.
Terdapat banyak plugin untuk berbagai keperluan. Kehadiran plugin membuat Anda lebih leluasa dalam berkreasi membuat website. Tinggal upload dan install di website, Anda bisa melakukan banyak hal. Mulai dari membuat e-commerce, optimasi SEO, melakukan backup, hingga membuat form yang intuitif.
Desain sangat mudah dimodifikasi dengan adanya template. Template WordPress memudahkan Anda untuk membuat desain dan layout website.
Komunitas besar. Banyaknya pengguna dan developer yang menggunakan WordPress, membuat komunitasnya besar dan tersebar di berbagai belahan dunia. Di Indonesia sendiri banyak sekali grup atau forum yang membahas WordPress. Sehingga akan memudahkan untuk mencari tempat bertanya saat mengalami kesulitan menggunakan WordPress.

5. Apa Kekurangan WordPress?

Tidak ada software yang benar-benar sempurna. WordPress memang memiliki banyak kelebihan, namun tidak tidak lepas dari beberapa kelemahan, seperti;

Rentan Peretasan. Karena sebagian besar website dibuat dengan menggunakan WordPress, membuatnya menjadi sasaran banyak hacker. Ada beberapa langkah untuk meningkatkan keamanan website Anda, seperti memasang plugin security, selalu mengupdate plugin dan template, serta menghindari penggunaan plugin nulled atau hasil crack.
Harus jeli saat menggunakan plugin atau template. Sebagian besar plugin dan template yang beredar saat ini dikembangkan oleh pihak ketiga. Sehingga sangat memungkinkan terjadinya kesalahan atau bug. Disarankan untuk melihat deskripsi dan review dari pengguna lain sebelum menginstall plugin atau template baru. Jika ragu jangan sungkan untuk bertanya di dalam forum atau komunitas WordPress.
Kecepatan loading bisa melambat. Penggunaan plugin seperti pisau bermata dua. Disatu sisi bisa menjadikan website kita powerfull, namun disisi lain jika penggunaannya terlalu banyak bisa menjadikan website tersebut semakin lambat. Supaya website bisa berjalan dengan baik dan cepat disarankan untuk menggunakan plugin seperlunya. Anda juga bisa memanfaatkan plugin cache seperti LiteSpeed, WP Rocket, perfmatters, dll

6. Apa saja yang bisa dibuat dengan WordPress?

Dengan WordPress Anda bisa membuat berbagai jenis website, mulai dari blog, kelas online, hingga toko online. WordPress didukung oleh banyak plugin dan tema baik yang gratis maupun berbayar. Memberikan penggunanya berkreasi dalam membuat website. Pembuatan website bisa sangat cepat tanpa perlu menguasai bahasa pemrograman tertentu.

WordPress banyak digunakan untuk keperluan blog pribadi hingga website bisnis perusahaan besar. Banyak blog terkenal, berita online, website musik, olahraga, hingga artis.

Bisa jadi Anda tidak akan menyangka kalau beberapa website berikut ini menggunakan WordPress:

6.1 Sony Music

Web Sony Music

Sony music merupakan salah satu brand ternama yang menggunakan WordPress pada website utamanya. Web tersebut menampilkan artis, kabar terbaru, hingga feed twitter pada bagian sidebarnya.

6.2 Blog Playstation

Blog Playstation

Playstation merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia yang bergerak di industri game. Mereka menggunakan WordPress pada websitenya. Isinya terdapat berbagai tips, informasi tentang perilisan game, dan masih banyak lagi.

6.3 BBC America

BBC America merupakan salah satu jaringan televisi paling populer. Terdapat banyak varian program yang ditawarkan, mulai dari gaya hidup, komedi, drama, serial science fiction, hingga film layar lebar.

6.4 Microsoft News

News Microsoft

Website yang digunakan Microsoft ini menggunakan WordPress. Dengan tampilan bergaya majalah (magazine), website ini menampilkan berita, update dari Microsoft, hingga penjelasan yang inspiratif (stories).

6.5 The Walt Disney Company

Salah satu perusahaan terbesar di dunia, Walt Disney, menggunakan WordPress pada website yang dimilikinya. Berisi featured image, berita terbaru, dan berbagai link pendukung mulai dari about, philantrhopy, hingga careers.

6.6 TechCrunch

TechCrunch

TechCrunch merupakan salah satu publisher online paling terkenal di dunia yang membahas seputar berita startup dan teknologi. Website TechCrunch menggunakan tampilan layar penuh (full-width) yang berfokus pada konten tulisan.

6.7 The Rolling Stones

The Rolling Stones

Grup band legendaris asal Inggris yang beraliran rock, Rolling Stone menggunakan WordPress pada website official-nya. Isinya menampilkan lagu, video, berita, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *